Selasa, 30 September 2014

Tugas Profil Perusahaan yang Bergerak dalam Bisnis Informatika

Profil Perusahaan


Nama Perusahaan       : XL Axiata
Tanggal Berdiri           : 6 Oktober 1989 (dengan nama PT Grahametropolitan Lestari, kemudian diubah   menjadi PT Excelcomindo Pratama Tbk)
Kantor pusat             : Jakarta, Indonesia
Karyawan                  : 2.021 (2013)

Riwayat Perusahaan

PT XL Axiata Tbk (dahulu PT Excelcomindo Pratama Tbk) atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia.



Jenis Usaha Yang Dikelola

XL memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP.

Omset Perusahaan
Omset perusahaan berdasarkan laporan keuangan pada desember 2013 adalah
Pendapatan     Rp 21,26 triliun
Laba bersih     Rp 1,03 triliun

Produk  Perusahaan XL


Kartu XL Prabayar
Kartu XL Prabayar merupakan peleburan dari 3 produk prabayar XL sebelumnya, yaitu 'ProXL, Bebas, Jempol, dan Jimat. Peleburan menjadi satu lini produk ini merupakan upaya XL untuk memangkas biaya pemasaran Jempol yang memiliki perkembangan kurang siginifikan jika dibandingkan dengan Bebas. Peleburan ini diawali pada 1 Agustus 2007 dengan menyatukan voucher isi ulang untuk kedua produk dan diresmikan pada 1 Januari 2008 dengan peluncuran merek XL Prabayar. Pelanggan XL Prabayar mendapat nomor dengan awalan 0817, 0818, 0819, 0859, 0878, dan 0877.

Kartu Perdana ProXL
Kartu Perdana ProXL, diluncurkan pertama kali pada tanggal 31 Desember 1997 setelah berakhir pada tanggal 1 Juni 2004 ProXL mengubah nama menjadi XL. dengan tambahan fitur dan layanan. Bebas difokuskan dalam memberikan kemurahan tarif percakapan suara. Dalam perkembangannya, Bebas selalu memberikan tarif promosi percakapan suara yang bervariasi, mulai dari Rp25/detik, Rp10/detik, Rp1/detik, Rp0,1/detik, Rp600

Kartu Perdana Bebas
Kartu Perdana Bebas diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004. Produk ini merupakan kelanjutan produk XL sebelumnya.

Kartu Perdana Jempol
Kartu Perdana Jempol diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004. Jempol awalnya merupakan produk prabayar versi murah dari XL dengan menerapkan tarif hemat Rp99/SMS untuk SMS ke sesama XL dan Rp399/menit untuk percakapan suara ke nomor telepon rumah. Jempol juga sempat memberikan kemurahan tarif percakapan suara ke beberapa negara (yang kemudian dikembangkan menjadi produk tersendiri, Jimat). Dalam perkembangannya, Jempol semakin difokuskan untuk memberikan tarif yang murah dalam layanan pesan singkat (SMS), terakhir dengan tarif Rp45/sms ke semua operator. Perkembangan Jempol sangat kurang jika dibandingkan dengan Bebas, hanya menyumbang sekitar 25% dari total pendapatan produk prabayar XL.

Kartu Perdana Jimat
Kartu Perdana Jimat diluncurkan pertama kali pada pertengahan tahun 2006. Jimat adalah produk prabayar pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional dengan tarif yang sangat hemat dan murah. Perkembangan Jimat juga bernasib sama dengan Jempol.
Kartu Perdana Islami Hauraa

Kartu XL Pascabayar
Kartu XL Pascabayar sebelumnya dikenal dengan nama Xplor. Perubahan ini seiring dengan restrukturisasi lini produk XL dimana hanya ada 1 lini produk masing-masing untuk prabayar dan pascabayar.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/XL_Axiata

Komentar:
Menurut saya, sebagai pengguna provider XL dari 7 tahun yang lalu saya merasa pelayanan yang di berikan dari perusahaan tersebut menguntungkan bagi saya. walaupun ada beberapa kritikan dari saya pribadi. Dalam hal positif, saya sebagai konsumen tertarik dengan promosi-promosi yang di adakan oleh XL, seperti Paket Akrab sekitar 2 tahun yang lalu yang mendaftarkan dua nomor sesama provider XL dan mendapat gratis telpon dan sms pada dua nomor yang didaftarkan, dan biaya yang cukup murah untuk setiap minggunya. Ditambah lagi dengan kerjasama XL dengan Universitas Gunadarma yang pada angkatan 2011 setiap mahasiswanya diberikan kartu sesuai dengan NPMnya masing-masing, dari kerjasama tersebut terbentuklah grup sesama mahasiswa yang sangat menguntungkan penggunanya yaitu setiap isi pulsa sebesar Rp 25.000 anggota grup tersebut mendapat gratis sms dan telpon ke sesama anggota selama satu bulan tanpa perlu pemotongan pulsa / biaya grup.

Dan untuk kritikan saya, Belakangan ini jaringan XL tidak stabil bahkan kadang-kadang hilang, lalu paket internet super ngebut 3G yang selama setahun ini saya gunakandengan harga Rp 30.000 dan Rp 50.000 sudah tidak bisa di beli melalui pemotongan pulsa. yang tersisa hanya Rp 99.000 sehingga bagi mahasiswa seperti saya terasa berat. di tambah lagi pembagian kuota berdasarkan jam 00-06 dan 06-00 dengan perbandingan 1/4 hari dengan kuota besar dan 3/4 hari dengan kuota kecil yang sebelumnya perbandingan jamnya adalah 00-12 dengan kuota besar dan 12-00 dengan kuota kecil.

Diharapkan XL mampu menjaga jaringan sinyalnya. serta memberikan promosi-promosi yang menarik bagi pelanggan setianya.

0 komentar:

Posting Komentar