Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang 
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam 
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian 
bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia 
membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air
 maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya 
ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu
 misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka 
manusia ini memilih Aqua  botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam 
dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang 
menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), 
penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan 
barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut 
pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan 
prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan 
kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju 
seperti spesifikasi produk.
Spesifikasi produk 
Spesifikasi produk merupakan suatu peluang yang diambil dari 
ketertarikan kebutuhan konsumen berdasarkan kuisioner serta untuk 
melihat kondisi pesaing berdasarkan pada pengetahuan teknis. Kebutuhan 
merupakan sesuatu yang diinginkan dan diapresiasi oleh konsumen.
Segmentasi pasar  
Definisi segmentasi pasar yang paling sering diucapkan para 
ahli adalah: “Suatu proses untuk membagi-bagi atau mengelompokkan 
konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen. Karena pasar sifatnya 
sangat heterogen, maka akan sulit bagi produsen untuk melayaninya. Oleh 
karenanya pemasar harus memilih segmen-segmen tertentu saja dan 
meninggalkan bagian pasar lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu 
adalah bagian yang homogen yang memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok 
dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya. 
Segmentasi pasar adalah suatu konsep yang sangat penting dalam kehidupan
 ini. Dalam kegiatan bisnis segmentasi pasar digunakan untuk memilih 
pasar sasaran, mencari peluang, menggerogoti segmen pemimpin pasar, 
merumuskan pesan-pesan komunikasi, melayani lebih baik, menganalisis 
prilaku konsumen maupun mendesain produk.
Analisa pasar 
Analisa pasar dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan 
potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut bisa diukur 
dengan berbagai faktor, terutama keberterimaan suatu produk atau jasa di
 wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan selama masih ada konsumen yang 
mau membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka. 
Produk atau jasa keuangan disediakan oleh pebisnis untuk memenuhi 
kebutuhan ini. Analisa pasar adalah faktor paling penting yang tidak 
boleh dilewatkan sebelum melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa 
tersebut akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi 
bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis bisa bertahan.
Keberhasilan bisnis salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami 
pesaing. Output dari kemampuan tersebut, menopang manajemen dalam 
memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing. 
Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri 
dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam industri, kemudian 
masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing termasuk
 identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen 
pasar.
Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, ataupermasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Analisis persaingan  
Analisis persaingan bersifat dinamis. Pesaing dideskripsikan 
dan dianalisis, pesaing di evaluasi, serta kemudian tindakan pesaing pun
 diprediksi secara tepat. Yang dimaksud pesaing termasuk didalamnya 
pesaing baru yang berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda 
kehadiran. Analisis persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus 
dan memerlukan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis
 pesaing dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk
 kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database, 
survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang 
sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing.
 Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampak didalamnya mengandung 
unsur titik kedinamisan
Produsen sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi 
promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi
 promosi produk sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya kegiatan promosi,
 sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha 
saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan produk
 mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.
Kegiatan promosi produk tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup 
besar. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan promosi
 produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah kreatifitas Anda 
untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana. Namun tetap 
perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan menghasilkan
 respon pasar yang lebih optimal.
Dalam kegiatan bisnis,Pasar selalu menggunakan berbagai media berbasis untuk melakukan kegiatan promosi.Media
 tersebut bisa melalui iklan,brosur,website,dan lain2nya.Iklan itu bisa 
melalui televisi,radio,koran,dan banyak lagi yang bisa kita masukkan 
iklan.Umumnya jika melakukan promosi melalui iklan,biasanya akan lebih 
cepat dikenal daripada media lainnya.hal
 ini disebabkan karena media yang digunakan biasanya umum sehingga 
masyarakat lebih cepat mengetahui iklan yang sedang 
dipromosikan.sedangkan dengan brosur,kita bisa melihat informasi dari 
promosi tersebut melalui sehelai kertas.biasanya isi kertas tersebut 
berisikan informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan.Website juga 
digunakan sebagai media promosi dari suatu pasar.keuntungan dari media 
melalui website ini adalah kita bisa memperoleh informasi yang lebih 
jelas baik dari jenis,harga,maupun kualitas dari barang itu 
sendiri.tampilan website yang menarik,dapat membuat konsumen yang 
membuka website tersebut tertarik untuk membeli produk tersebut.
sumber: http://id.wikipedia.org 
Copyright (c) 2010 Ricky 1IA06. Design by Wordpress Themes


1 komentar:
Dalam promosi suatu produk atau jasa spesifikasi suatu produk atau jasa adalah salah satu peluang besar untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dipasarkan, sehingga konsumen akan lebih memahami perbedaan yang dimiliki dengan pesaing, jika spesifikasi produk atau jasa lebih bagus maka kemungkinan besar akan lebih banyak menarik peminat untuk menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.
Dan dalam menganalisis pasar akan sangat membantu untuk mengetahui produk apa yang saat ini sedang populer di masyarakat
Posting Komentar