Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian
bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia
membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air
maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya
ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu
misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka
manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam
dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang
menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product),
penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan
barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut
pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan
prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju
seperti spesifikasi produk.
Spesifikasi produk
Spesifikasi produk merupakan suatu peluang yang diambil dari
ketertarikan kebutuhan konsumen berdasarkan kuisioner serta untuk
melihat kondisi pesaing berdasarkan pada pengetahuan teknis. Kebutuhan
merupakan sesuatu yang diinginkan dan diapresiasi oleh konsumen.
Segmentasi pasar
Definisi segmentasi pasar yang paling sering diucapkan para
ahli adalah: “Suatu proses untuk membagi-bagi atau mengelompokkan
konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen. Karena pasar sifatnya
sangat heterogen, maka akan sulit bagi produsen untuk melayaninya. Oleh
karenanya pemasar harus memilih segmen-segmen tertentu saja dan
meninggalkan bagian pasar lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu
adalah bagian yang homogen yang memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok
dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya.
Segmentasi pasar adalah suatu konsep yang sangat penting dalam kehidupan
ini. Dalam kegiatan bisnis segmentasi pasar digunakan untuk memilih
pasar sasaran, mencari peluang, menggerogoti segmen pemimpin pasar,
merumuskan pesan-pesan komunikasi, melayani lebih baik, menganalisis
prilaku konsumen maupun mendesain produk.
Analisa pasar
Analisa pasar dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan
potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut bisa diukur
dengan berbagai faktor, terutama keberterimaan suatu produk atau jasa di
wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan selama masih ada konsumen yang
mau membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Produk atau jasa keuangan disediakan oleh pebisnis untuk memenuhi
kebutuhan ini. Analisa pasar adalah faktor paling penting yang tidak
boleh dilewatkan sebelum melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa
tersebut akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi
bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis bisa bertahan.
Keberhasilan bisnis salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami
pesaing. Output dari kemampuan tersebut, menopang manajemen dalam
memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing.
Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri
dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam industri, kemudian
masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing termasuk
identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen
pasar.
Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, ataupermasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Analisis persaingan
Analisis persaingan bersifat dinamis. Pesaing dideskripsikan
dan dianalisis, pesaing di evaluasi, serta kemudian tindakan pesaing pun
diprediksi secara tepat. Yang dimaksud pesaing termasuk didalamnya
pesaing baru yang berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda
kehadiran. Analisis persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus
dan memerlukan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis
pesaing dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk
kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database,
survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang
sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing.
Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampak didalamnya mengandung
unsur titik kedinamisan
Produsen sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi
promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi
promosi produk sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya kegiatan promosi,
sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha
saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan produk
mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.
Kegiatan promosi produk tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup
besar. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan promosi
produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah kreatifitas Anda
untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana. Namun tetap
perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan menghasilkan
respon pasar yang lebih optimal.
Dalam kegiatan bisnis,Pasar selalu menggunakan berbagai media berbasis untuk melakukan kegiatan promosi.Media
tersebut bisa melalui iklan,brosur,website,dan lain2nya.Iklan itu bisa
melalui televisi,radio,koran,dan banyak lagi yang bisa kita masukkan
iklan.Umumnya jika melakukan promosi melalui iklan,biasanya akan lebih
cepat dikenal daripada media lainnya.hal
ini disebabkan karena media yang digunakan biasanya umum sehingga
masyarakat lebih cepat mengetahui iklan yang sedang
dipromosikan.sedangkan dengan brosur,kita bisa melihat informasi dari
promosi tersebut melalui sehelai kertas.biasanya isi kertas tersebut
berisikan informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan.Website juga
digunakan sebagai media promosi dari suatu pasar.keuntungan dari media
melalui website ini adalah kita bisa memperoleh informasi yang lebih
jelas baik dari jenis,harga,maupun kualitas dari barang itu
sendiri.tampilan website yang menarik,dapat membuat konsumen yang
membuka website tersebut tertarik untuk membeli produk tersebut.
sumber: http://id.wikipedia.org
Copyright (c) 2010 Ricky 1IA06. Design by Wordpress Themes
1 komentar:
Dalam promosi suatu produk atau jasa spesifikasi suatu produk atau jasa adalah salah satu peluang besar untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dipasarkan, sehingga konsumen akan lebih memahami perbedaan yang dimiliki dengan pesaing, jika spesifikasi produk atau jasa lebih bagus maka kemungkinan besar akan lebih banyak menarik peminat untuk menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.
Dan dalam menganalisis pasar akan sangat membantu untuk mengetahui produk apa yang saat ini sedang populer di masyarakat
Posting Komentar